Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Membeli Mesin Genset Terbaik Untuk Segala Kebutuhan Anda

Tips Membeli Mesin Genset Terbaik - Sebelum membeli mesin genset sebaiknya Anda mencoba mencari informasi tentang apa saja kekurangan dan keunggulan suatu genset. Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak serta merta membeli sembarang genset dengan kualitas yang sangat minim. Oleh sebab itu saya akan memeberikan beberapa tips bagaimana memilih mesin genset yang terbaik.
tips memilih mesin genset terbaik

Tips Memilih Genset yang baik dan cocok untuk keperluan Anda :

1. Tentukan kebutuhan (daya) yang diinginkan ( sebaiknya sedikit diatas 20%-30% dari daya listrik yang sudah terpasang PLN). Perlu dipertimbangkan apakah saat tenaga listrik disupply oleh genset semua peralatan rumah/kantor akan tetap menyala semua ? Ada baiknya saat menggunakan Genset mengurangi pemakaian peralatan listrik yang sering mengakibatkan tegangan naik-turun secara terus menerus, ini untuk menghindari terjadinya overload (kelebihan beban) disaat beberapa peralatan tersebut tegangannya naik secara bersamaan ( kulkas, A/C dll)

2. Memilih jenis bahan bakar bensin/solar, gunakan bahan bakar yang mudah didapat.

3. Menentukan type open atau silent

Type Open (terbuka) dengan suara lebih yang berisik (umumnya type ini menggunakan bahan bakar bensin) dengan berpendingin udara, namun ada juga yang menggunakan diesel ( dongfeng, dll )yang dicouple sendiri dengan alternator.

Genset type ini umumnya berkapasitas kecil dibawah 10 KVA dan biasanya digunakan di tempat keramaian ( pasar malam/ bazar). Type open yang lebih besar sampai dengan ratusan KVA biasanya digunakan oleh gedung perkantoran besar/rumah sakit/hotel dll namun dengan dibuatkan rumah genset.

Type Silent (tertutup) dengan suara lebih pelan (umumnya berbahan bakar solar) dengan berpendingin air. Untuk perumahan dan kantor di lingkungan padat penduduk, sebaiknya menggunakan type silent, untuk menghindari ketidak nyamanan dengan lingkungan sekitar.

4. Pelajari dengan seksama spesifikasi genset yang akan dibeli

Kapasitas rated power/prime output biasanya dalam satuan KVA (daya real yang dapat di supply oleh genset tersebut). Jangan terkecoh oleh istilah standby output yang nilainya 10% – 15% diatas rated power / prime output. Pertimbangkan bahwa daya KVA tersebut mempunyai kemampuan output maximal KW sebesar 80% ( misal. kapasitas 50 KVA hanya mampu maximal 40 KW ).

5. Untuk type kecil ada yang dilengkapi stater electric dengan menggunakan Accu ada juga yang manual (recoil), kalau anggaran anda mencukupi pertimbangkan menggunakan type electric stater, jika lampu padam perempuan bisa menjalankan.

Perhatian : jangan meletakkan Genset didalam ruangan, karena menghasilkan gas buang yang membahayakan.

6. Jika pilihan type yang sesuai sudah ada, mintalah kepada tenaga ahli untuk membuatkan instalasi yang menghubungkan genset dengan instalasi dari PLN.

7. Pemakaian ATS-AMF akan lebih baik lagi jika mempunyai dana berlebih.

Semoga setelah membaca beberapa tips membeli mesin genset terbaik di atas, Anda tidak lagi mengalami kesulitan saat nanti membeli. Saya harap tips tersebut bisa membatu Anda semua. Terimakasih.

Bagi Anda yang saat ini mengalami permasalahan seputar genset dan membutuhkan perbaikan bisa mngunjungi situs ini.

0 komentar:

Posting Komentar