Diberdayakan oleh Blogger.

Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Mesin Genset

Gangguan pada mesin genset - Hingga saat ini sering terjadi pemadam listrik di berbagai daerah. Kalau sedang terjadi pemadaman pasti pekerjaan kita akan ikut terhenti terutama yang kerjanya memakai listrik, satu satunya cara agar tetap kerja dan arus listrik mengalir yaitu menggunakan Genset. Tapi Genset seringkali rewel dan bahkan mogok. Bagi kita yang teknisi listrik ada sedikit petunjuk buat kita untuk service genset sendiri.

jasa service genset semarang

Berikut Beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada genset dan solusi perbaikannya adalah sebagai berikut :


Gangguan pada penggerak awal mesin genset diesel

Genset dengan penggerak awal mesin diesel harus dilengkapi dengan pengaman karena akibat adanya tekanan balik maka genset perlu dilengkapi dengan pengaman gangguan monitoring. Pada saat terjadi kerusakan pada penggerak awal maka terjadi daya balik pada kumparan stator sehingga genset perlu dilengkapi dengan relai daya balik dengan karakteristik tunda waktu terbalik.

Terjadinya gangguan hilang penguatan

Meskipun jarang terjadi tetapi gangguan ini dapat mengganggu kinerja genset dan sifatnya fatal. Untuk itu genset perlu dilengkapi dengan pengaman terhadap hilang penguatan.

Gangguan terjadinya kelebihan arus

Sering terjadinya hubungan singkat atau beban lebih akan menyebabkan gangguan arus lebih, genset kebanyakan saat ini sudah dibuat agar mampu bertahan terhadap arus lebih tetapi tidak dianjurkan terlalu lama. Namun pemasangan pengaman terhadap arus lebih sangat dianjurkan agar genset terhindar dari kerusakan yang fatal.

Gangguan terhadap putaran lebih

Penurunan beban yang mendadak menyebabkan putaran lebih pada genset, pada genset sudah dilengkapi oleh perangkat governor yang berguna untuk menutup katup daruratsehingga tidak terjadi putaran yang berlebih. Namun genset masih memerlukan pengaman lebih terhadap putaran lebih yang dapat memberikan sinyal triping pada pemutus tenaga.

Gangguan terhadap isolasi

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hubungan isolasi, kegagalan isolasi pada kumparan akan menyebabkan hubungan singkat baik di dalam kumparan atau antar kumparan atau dengan inti besi. Faktornya antara lain kerusakan pada system pendingin, terjadinya tegangan lebih, panas yang berlebihan pada kumparan dan kerusakan pada system ventilasi.

Itulah beberapa gangguan yang biasa terjadi pada mesin genset, dengan mengetahui gangguan apa saja yang sering terjadi, maka kita bisa dengan mudah dalam perbaikan apabila pada lain waktu terjadi kerusakan. Bagi para teknisi jasa service genset, mungkin dengan mengetahui hal tersebut bisa dengan mudah dan cepat dalam penanganan.

Semoga bermanfaat.

Jasa Service Genset untuk wilayah Semarang, Jogja, Solo, Kudus, Jepara, Tegal, Brebes, dan seluruh wilayah Jawa Tengah, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera hingga seluruh Indonesia. Kami siap untuk membantu memperbaiki kerusakan pada mesin genset perusahaan Anda. Hubungi kami segera di nomor telepon 081xxxxx

0 komentar:

Posting Komentar